Bidang Pertambangan dan Energi

Pertambangan merupakan bentuk investasi besar dan memiliki resiko tinggi yang memerlukan data geospasial yang akurat dan tepat waktu. Citra DigitalGlobe dalam bidang pertambangan digunakan untuk merencanakan eksplorasi, melakukan operasi setiap hari, memastikan kelayakan lingkungan dan reklamasi area.

Citra resolusi tinggi akan membantu mengidentifikasi, menganalisis berdasarkan data geologi, yang akan mengurangi waktu dan sumber daya untuk menemukan tambang dan mengembalikan bekas area pertambangan. Vegetasi, hidrologi, pemukiman, tanah dan infrastruktur, akan mudah dipetakan menggunakan citra satelit resolusi tinggi.

Berikut manfaat citra satelit resolusi tinggi dalam bidang pertambang :

  1. Inventarisasi potensi pertambangan
  2. Pemetaan situasi tutupan lahan pertambangan yang akan di buka
  3. Perencanaan site plan lokasi pertambangan
  4. Inventarisasi lokasi pertambangan liar dan PETI
  5. Monitoring perubahan lahan akibat kegiatan pertambangan terbuka
  6. Monitoring kegiatan rehabilitasi lahan.
  7. Inventarisasi potensi dan perencanaan lokasi pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Mengembangkan strategi eksplorasi


Citra resolusi tinggi bisa digunakan untuk analisis topografi, pemetaan wilayah, analisis multispectral, daerah pertambangn yang nantinya akan dicocokkan dengn data geologi sehingga bisa memprediksi kondisi geologi bawah permukaan. Dari sini kita akan mengetahui di mana sebaiknya melakukan eksploitasi pertambangan ke depan.

Pemantauan kondisi lingkungan

Citra resolusi tinggi bertujuan untuk memantau kawasan pertambangan dan area sekitarnya untuk menguragi resiko kerusakan terhadap vegetasi atau pun masyarakat di sekitar area pertambangan.

Reklamasi area yang terkena


Citra resolusi tinggi, bisa digunakan untuk memantau perubahan yang terjadi akibat aktivitas pertambangan. Sehingga, fungsi dari vegetasi atau pun lingkungan bisa dikembalikan seperti kondisi awal. Citra resolusi tinggi mampu mengidentifikasi tingkat kerusakan fungsi lahan akibat aktivitas pertambangan.

Leave a comment